Rabu, 18 Mei 2016

OBSERVASI


PENJELASAN

A.      PENGERTIAN

Observasi merupakan pengamatan sistematis tentang suatu objek. Melalui observasi, seorang guru BK dan tenaga pendidik lainnya dapat mengetahui tingkah laku non verbal konseli. Teknik merekam data tingkah laku individu melalui proses pengamatan langsung dan/atau tidak langsung dalam suatu kegiatan untuk memperoleh gambaran observable behavior.

B.       MANFAAT OBSERVASI

1.      Diperoleh data perilaku spontan secara natural.

2.      Diketahui intensitas perilaku secara detail.

3.      Diketahui penyebab munculnya perilaku, dan ;

4.      Digunakan sebagai tolak ukur menyusun program bimbingan dan konseling komprehensif--lazim dinamakan need assessment.

 

C.       JENIS-JENIS OBSERVASI

 

1.      Observasi sehari-hari, yaitu observasi yang tidak dipersiapkan secara seksama, misalnya sambil mengerjakan tugas sehari-hari, observasi yang tidak menggunakan pedoman observasi, atau dilakukan secara incidental.

2.      Observasi sistematis, yaitu observasi yang dipersiapkan secara sistematis, terencana dan dipersiapkan.

3.      Observasi partisipatif (participant observer), yaitu suatu bentuk observasi dimana pengamat (observer) secara teratur berpartisipasi dan terlibat dalam kegiatan yang diamati.

4.      Observasi non partisipatif (non participation observer), yaitu suatu bentuk observasi dimana pengamat tidak terlibat langsung dalam kegiatan kelompok, atau dapat juga dikatan pengamat tidak ikut serta dalam kegiatan yang diamatinya.

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "