PENJELASAN
A.
PENGERTIAN
Observasi merupakan
pengamatan sistematis tentang suatu objek. Melalui observasi, seorang guru BK
dan tenaga pendidik lainnya dapat mengetahui tingkah laku non verbal konseli. Teknik merekam data tingkah laku
individu melalui proses pengamatan langsung dan/atau tidak langsung dalam suatu
kegiatan untuk memperoleh gambaran observable behavior.
B. MANFAAT OBSERVASI
1. Diperoleh data perilaku spontan
secara natural.
2. Diketahui intensitas perilaku
secara detail.
3. Diketahui penyebab munculnya perilaku, dan ;
4. Digunakan sebagai tolak ukur
menyusun program bimbingan dan konseling komprehensif--lazim dinamakan need
assessment.
C. JENIS-JENIS OBSERVASI
1. Observasi sehari-hari, yaitu
observasi yang tidak dipersiapkan secara seksama, misalnya sambil mengerjakan
tugas sehari-hari, observasi yang tidak menggunakan pedoman observasi, atau
dilakukan secara incidental.
2. Observasi sistematis, yaitu
observasi yang dipersiapkan secara sistematis, terencana dan dipersiapkan.
3. Observasi partisipatif (participant
observer), yaitu suatu bentuk observasi
dimana pengamat (observer) secara teratur berpartisipasi dan terlibat dalam
kegiatan yang diamati.
4. Observasi non partisipatif (non
participation observer), yaitu suatu bentuk observasi dimana pengamat tidak
terlibat langsung dalam kegiatan kelompok, atau dapat juga dikatan pengamat
tidak ikut serta dalam kegiatan yang diamatinya.
0 komentar:
Posting Komentar