Rabu, 18 Mei 2016

AUM UMUM


1.        PENGERTIAN, TUJUAN DAN PENGGUNAANNYA

AUM UMUM merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengungkap masalah-masalah siswa, mahasiswa dan masyarakat secara menyeluruh mengungkapkan masalah-masalah umum.

Tujuannya adalah memahamai, memperkirakan dan mengungkapkan masalah-masalah yang dihadapi klien.

Penggunaan Hasil Pengolahan AUM UMUM

1)      Layanan Orientasi dan Informasi Umum

Data kelompok (yang menyangkut siswa satu kelas) dipergunakan untuk memberikan informasi kepada seluruh siswa tentang masalah yang mereka alami secara ke-seluruhan dalam format klasikal. Tujuan kegiatan ini adalah agar siswa memiliki wawasan dan kesadaran tentang berbagai, masalah yang mereka alami :

a.       Jumlah keseluruhan dengan berbagai variasi dan jenisnya.

b.      Persentase masalah untuk masing-masing bidang masalah.

c.       Jumlah masalah yang berat dan rata-rata per-siswa.

d.      Kepada siapa mahasiswa ingin membicarakan atau mengkonsultasikan masalah-masalahnya itu.

2)      Orientasi dan Informasi Khusus

Masalah-masalah yang terungkap melalui AUM Umum ada sejumlah item antaranya yang berkaitan dengan, layanan orientasi dan/atau informasi.

3)      Layanan Penempatan/Penyaluran

Sejumlah masalah dalam AUM Umum memerlukan layanan penempatan/penyaluran sebagai salah satu cara penanggulangannya, seperti :

Item nomor :

166. Tidak lincah dan kurang mengetahui tatakrama pergaulan.

038.Ingin mengikuti kegiatan pelajaran dan/atau latihan khusus tertentu yang benar-benar menunjang proses men-cari dan melamar pekerjaan setamat pendidikan ini.

014. Kurang meminati meminati pelajaran atau jurusan atau program yang diikuti.

119. Tidak mempunyai kawan akrab untuk bersama-sama mengisi waktu senggang.

 

Siswa yang mengalami masalah-masalah seperti itu perlu disalurkan atau ditempatkan ke dalam kelompok atau lingkungan atau suasana tertentu. Dalam suasana yang baru itu diharapkan mereka terangsang, tertantang, dan mem-peroleh kesempatan yang lebih luas lagi untuk mengembang-kan diri. Layanan penempatan/penyaluran itu dapat dilaksanakan melalui format kelompok (yaitu apabila kelompok menjadi wahana penempatan/ penyaluran) atau format individual (yaitu apabila diselenggarakan per-siswa, seperti: seorang siswa yang kurang meminati suatu program Pelajaran khusus tertentu disalurkan ke program lain).

4)      Layanan Penguasaan Konten

Layanan penguasaan konten pada dasarnya membantu siswa dalam menguasai keterampilan atau kompetensi dalam kehidupan sehari-hari dan kebutuhan khusus siswa dalam kesepuluh bidang permasalahan yang tercakup di dalam AUM ini. Sesuai dengan sifat penyelenggaraannya, layanan ini mengacu kepada pengembangan kompetensi yang dimaksud serta untuk memenuhi kebutuhan yang dirasakan oleh siswa dalam kehidupannya yaitu kehidupan sehari-hari dan masa depannya. Layanan ini dapat mengikuti format klasikal (yaitu kalau seluruh siswa dalam satu kelas mengikuti layanan), atau format kelompok (yaitu kalau pe-nyelenggaraannya berlangsung dalam kelompok-kelompok terbatas), atau format individual (yaitu kalau layanan itu dijalani oleh mahasiswa secara perorangan).

5)      Layanan Konseling Perorangan

Layanan konseling perorangan diselenggarakan selalu dalam format individual. Dalam pertemuan interpersonal yang sangat intens itu semua masalah yang menjadi kandungan item-item AUM Umum itu dapat dibicarakan. Bahkan masalah-masalah lain yang belum termunculkan melalui AUM pun dapat dibicarakan dalam konseling perorangan. Masalah mana yang akan didahulukan dan sangkut paut masalah yang satu dengan lainnya sangat tergantung pada apa yang dirasakan dan menjadi tujuan siswa yang bersangkutan.

6)      Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok

Kedua jenis layanan yang tersebut terakhir itu selalu di-selenggarakan dalam format kelompok. Layanan bimbingan kelompok membahas topik-topik umum yang disepakati bersama oleh seluruh anggota kelompok dan berguna bagi perkembangan seluruh anggota kelompok itu; sedangkan konseling kelompok membicarakan masalah individual yang dialami anggota kelompok untuk membantu pemecahan masalah tersebut. Topik-topik mana yang akan dibahas (dalam bimbingan kelompok) diserahkan kepada para anggota kelompok di bawah bimbingan konselor. Jika diperlukan, dalam bimbingan kelompok dan konseling kelompok dapat dibicarakan topik atau masalah yang berada di luar atau tidak muncul melalui AUM Umum.

 

 

 

2.        PENGELOMPOKKAN MASALAH

Berikut adalah bidang-bidang masalahnya, untuk format SLTP, SLTA, Mahasiswa, dan Masyarakat Alat Ungkap Masalah ini didesain untuk mengungkap sepuluh bidang masalah yang mungkin dihadapi klien. Kesepuluh bidang masalah tersebut adalah :

a.       Jasmani dan Kesehatan (JDK)

b.      Diri Pribadi (DPI)

c.       Hubungan Sosial (HSO)

d.      Ekonomi dan Keuangan (EDK)

e.       Karir dan Pekerjaan (KDP)

f.       Pendidikan dan Pelajaran (PDP)

g.      Agama, Nilai, dan Moral (ANM)

h.      Hubungan Muda-Mudi (HMM)

i.        Keadaan dan Hubungan dalam Keluargha (KHK)

j.        Waktu Senggang (WSG)

 

3.        CARA PENGADMINISTRASIAN

AUM dapat diadministasikan kepada siswa/responden baik secara perorangan, kelompok, maupun klasikal. Beberapa hal pokok yang perlu mendapat penekanan dalam pelaksanaan pengadministrasiannya adalah:

a. Petunjuk Pengerjaan

Petunjuk pengerjaan AUM telah tercantum selengkapnya di dalam buku AUM. Petunjuk ini dibacakan sepenuhnya oleh penyelenggara administrasi AUM (seperti Konselor Sekolah). Agar siswa (calon) pengisi AUM memperoleh pemahaman yang lengkap tentang apa, mengapa dan bagaimana AUM, serta kegunaannya dalam rangka pelayanan bimbingan dan konseling, maka “petunjuk pengerjaan” itu dapat diperluas penjelasannya dengan disertai berbagai usulan dan contoh-contoh.

b. Lembaran Respon Terpisah

Mahasiswa menuliskan identitas diri dan responnya terhadap AUM pada lembaran yang disediakan tersendiri. Dalam hal ini perlu diingatkan bahwa buku AUM harus dibiarkan bersih dan utuh, tidak boleh ditulisi, dicoret-coret atau diberi tanda apapun. Lembaran respon ini nantinya dikumpulkan bersama buku AUM yang masih tetap utuh kepada penyelenggara administrasi AUM.

 

 

c. Waktu untuk Pengerjaan

AUM bukanlah “alat ukur” melainkan alat ungkap, oleh karena itu waktu yang disediakan untuk mengerjakannya tidaklah ketat. Untuk memberikan penjelasan tentang AUM dan hal-hal yang terkait dengan (seperti kegunaannya dalam pelayanan bimbingan dan konseling) mungkin diperlukan waktu yang agak lama; apalagi kalau disertai pemberian contoh dan tanya jawab --- mungkin sampai 30 menit. Untuk pengerjaan item yang tersedia pada AUM dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam AUM pada umumnya diperlukan waktu sekitar 50- 60 menit. Dalam mengisi/mengerjakan AUM hal-hal yang perlu diingatkan ialah bahwa dalam mengerjakan AUM reseponden diminta :

1)      Bekerja seteliti mungkin

a)      Semua item dibaca dan dipertimbangkan keadaannya pada diri sendiri --- kalau isinya memang merupakan masalah yang sedang dialami, berikan tanda secara tepat pada lembaran respon.

b)      Semua pertanyaan yang ada pada AUM (selain item-item masalah) juga dijawab dengan sungguh-sungguh pada lembaran respon.

2)      Bekerja cepat dan tidak membuang-buang waktu

a)      Pengumpulan Lembaran Respon Lembaran respon siswa dikumpulkan kembali secara cermat. Sedapat-dapatnya, sebelum dikumpulkan lembaran respon itu diteliti terlebih dahulu (oleh pengadministrasi AUM) apakah siswa yang bersangkutan telah mengerjakan AUM dengan teliti dan lengkap.

Satu hal yang amat penting ialah bahwa semua lembaran respon itu harus dipelihara dan dijaga kerahasiannya. Lembaran respon itu, yang berisi masalah-masalah yang dialami responden harus disimpan dengan rapi (dalam himpunan data–cummulative records) dan hanya Guru Pembimbing/konselor yang dapat mengakses lembaran respon tersebut. Lembaran respon lama yang tidak akan dipergunakan lagi lebih baik dimusnahkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA


Prayitno dkk. 2008. Pedoman Alat Ungkap Masalah (AUM ) Umum Format 1 s.d 5, Padang: Jurusan BK FIP UNP.

 

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "